Cara Memandikan Kucing Persia Sendiri Di Rumah, (Langkah Mudah)

Memandikan kucing persia sebetulnya hanya perlu dilakukan 1 atau 2 minggu sekali, karena kucing jenis persia lebih suka bermain di rumah, jadi bulu nya jarang sekali kotor.

Seperti yang sudah saya sebutkan di artikel cara merawat kucing persia, bahwa mereka hanya membutuhkan penyikatan dan perawatan setiap harinya, selain itu kalian juga harus menjaga kebersihan mata, telinga, dan gigi untuk mencegah penyakit.

Cara Memandikan Kucing Persia
Image via : dailypicksandflicks.com

Panduan Memandikan Kucing Persia 

Untuk membantu Anda, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah untuk memandikan kucing Persia.

1. Biasakan mandi dengan air hangat

Memandikan anak kucing persia cenderung lebih mudah daripada kucing persia dewasa, karena anak kucing akan terbiasa berenang.

Untuk memandikan mereka adalah dengan membiasakannya dengan air hangat (37 ° C hingga 38 ° C atau 98,5º F hingga 100,5º F).

Kucing Persia cenderung membenci air, untuk mengatasi masalah itu dapat dilakukan dengan cara memandikan dengan air hangat.

Basahi semua bagian tubuh dengan air hangat hingga merata sampai ke kulit, jangan sampai air masuk ke telingaya..

2. Pijatlah dengan lembut dan gunakan sampo

pijatlah dengan lembut dan gunakan sedikit sampo khusus untuk kucing Persia agar tidak merusak bulu dan kulit sensitif mereka. Kemudian, bilas sampo dengan perlahan-lahan tuangkan air hangat dan bersih keseluruh bagian.

Hati-hati saat memberikan sampo pada kucing, jangan sampai masuk ke mata atau mulut kucing Anda. Jika ini terjadi, kucing Anda mungkin akan lari ketakutan.

Anda juga dapat menggunakan kondisioner kucing untuk melembutkan bulu, dan mencegah kusut.

3. Mengeringkan dengan dua handuk

Sebaiknya gunakan 2 handuk untuk mengeringkan kucing, ang pertama untuk menyerap air yang terkumpul di bulu kucing Persia Anda dan yang kedua untuk menggosok  sampai benar-benar kering.

Manfaatkan situasi untuk menyisir dan menyikat kucing Anda secara menyeluruh dengan menggunakan pengering rambut, tapi ingat, jangan terlalu panas.

4. Jangan terlalu sering memandikan

Tidak baik jika kamu terlalu sering memandikan kucing Persia, namun kalau kucing sudah terlihat sangat kotor atau banyak kutua sebaiknya segera mandi sampai bersih.

Saat memandikan kucing berapa hari sekali? secara umum, sebaiknya mandikan kucing seminggu sekali untuk tetap menjaga kebersihan, kesehatan dan kecantikan si kucing.

5. Saat mandi pertama kali, sebaiknya ke dokter atau perawatan kucing.

Kami sangat menyarankan pergi ke dokter atau perawatan kucing profesional untuk mandi pertama kucing Persia kamu.

Dengan cara ini, kamu bisa melihat apa yang mereka lakukan dan bagaimana kucing Anda bereaksi, dan perhatikan pedoman yang mereka berikan.

Peralatan mandi kucing persia

Jika kamu berencana memandikan kucing persia sendiri, berikut alat-alat yang bisa kamu siapkan untuk memandikan.
  • Air hangat
  • Sampo khusus kucing persia
  • Bedak khusus kucing
  • Handuk lembut/khusus
  • Sisir
  • Blower atau Hair dryer
  • Cottonbuds
  • Baby Oil
  • Bedak bayi (alternatif bedak)
  • Kanebo (alternatif handuk) 

Berapa harga dan biaya memandikan kucing persia di salon perawatan?


Perbandingan harga saat melakukan perawatan kucing persia di rumah dan di salon. Saat melakukan perawatn sendiri di rumah, biaya perkiraan RP. 100.000 - 250.000. Biaya ini meliputi pembelian shampoo khusus, sisir kucing, dan bermacam peralatan lainnya.

Namun, jika dilakukan disalon bisa lebih mahal lagi karena harus dilakukan secara rutin, minimal sebulan sekali. Biaya Rp. 50.000 – Rp. 100.000.

Adakah pengganti shampo khusus kucing?

Jika kamu terpaksa menggunakan sampo manusia untuk kucing, sebaiknya gunakan sampo bayi merk johnson & johnsons's. Menurut pengalaman, sampo ini aman digunakan untuk kucing dan bisa melembutkan bulu kucing. 

Bagaimana mengeringkan kucing persia setelah mandi tanpa hairdryer?

Ketika kamu ingin mengeringkan kucing setelah mandi, tapi tanpa menggunakan hairdrayer, sebaiknya lakukan di pagi hari sekitar jam 8 pagi.

Karena pada Jam 8 pagi sinar matahari tidak terlalu panas, jadi waktu yang tepat untuk memandikan dan mengeringkan bulu kucing tanpa bantuan hairdryer.

Perhatikan hal-hal berikut ketika kamu ingin memandikan kucing persia

  1. Pastikan dulu kondisi kucing, jika dalam keadaan sehat dan baik, lakukan memandikan kucing. Namun jika sedang sakit sebaiknya jangan, karena dapat memperburuk kondisi kucing.
  2. Kalau kamu baru pertama memandikan kucing persia, cari tempat yang tertutup seperti kamar mandi agar kucingmu tidak lari ketika dimandikan. Karena pada saat mandi, kucing pasti berontak dengan cara mencakar, menggigit ataupun lari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel