Kucing Persia Himalaya - Karakteristik, Kepribadian, Kesehatan dan Harga

Kucing persia himalaya adalah hasil persilangan antara kucing persia dengan kucing siam. Kucing himalaya sangat terkenal dengan matanya yang indah dan berwarna biru dan biasanya memiliki kisaran berat 7 hingga 12 kilogram.

Kucing himalaya merupakan salah satu jenis kucing yang paling populer dari semua ras kucing pada tahun 1996 dan tetap menjadi favorit saat ini.[1]

Kucing persia himalaya
Credit: kittenkart.com

Karakteristik Fisik

Kucing himalaya berkepala bulat dan memiliki mata bulat yang besar serta bertubuh gemuk, besar, dan bulat dengan kaki yang pendek seperti kucing persia.

Kucing persia himalaya dikenal tidak bisa melompat namun dari ras kucing persia himalaya yang lain ada yang memiliki tubuh langsing dan anggun layaknya kucing siam.

Ada 2 jenis kucing himalaya dan dibedakan menurut bentuk wajahnya, yaitu: kucing himalaya wajah boneka dan kucing himalaya wajah datar.

Bulu kucing himalaya cenderung panjang pada bagian telinga, wajah, kaki dan juga ekor, warna dominanya yaitu cokelat, krem, dan merah.

Penampilan

Himalaya berasal dari pengembangbiakan kucing Siam dengan Persia. Asosiasi Pemelihara Kucing sebenarnya menganggap Himalaya sebagai jenis Persia, atau Colorpoint Longhair.

Himalaya memiliki sifat dan ciri yang sama dengan orang Persia. Mereka memiliki kaki pendek yang sama, fitur bulat dan mantel yang sangat panjang seperti orang Persia.

Ada beberapa varietas warna, termasuk titik cokelat, titik biru, titik lilac, titik krem, titik tortie atau titik merah.

Kepribadian

Kucing himalaya adalah kucing yang aktif dan suka bermain-main. Selain itu, jenis kucing himalaya ini bersikap tenang dan lembut namun komunikatif, persis dengan kucing persia.

Kucing ini juga suka di ajak bercanda, maka dari itu jenis kucing ini sangat ideal menjadi hewan peliharaan keluarga.[2]

Warna Kucing Himalaya


Bintik-bintik warna yang dimiliki kucing Himalaya adalah fitur khusus yang mereka miliki dan fitur titik warna khusus di dalamnya adalah adanya perbedaan warna yang menakjubkan di setiap sudut bagian tubuh mereka.

lebih jelas, titik warna adalah pola gelap di bagian tertentu dari warna rambut kucing Persia Himalaya, yang juga ditemukan pada kucing siam.

Color point pada kucing persia himalaya meliputi:
  • Telinga
  • Wajah bagian tengah
  • Ekor
  • Kaki

Untuk jenis warna kucing Himalaya, sangat bervariasi, seperti warna seal point (coklat hitam), titik ungu (abu-abu kecoklatan), titik biru (abu-abu), titik krem ​​(krem), titik merah dari nyala api (beige wrath), titik cokelat. (coklat).

Kesehatan

Kucing persia himalaya memang jarang sakit, karena daya tahan tubuhnya cukup bagus, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Namun, kucing ini memiliki penyakit genetik dari kucing persia yaitu penyakit kista pada ginjal. Untuk pengetahuan ada beberapa penyakit yang terkadang menyerang kucing himalaya, diantaranya adalah:
  • Susah nafas, karena lubang hidungnya sempit
  • Air mata yang berlebihan
  • Gangguan sistem saraf
  • Infeksi jamur
  • Kulit gatal dan kemerahan
  • Bulu rontok
  • Gigi tidak menyatu dengan baik
Namun, itu semua dapat di cegah melalui perawatan kucing persia jenis himalaya ini agar tetap sehat dan cantik.

Untuk membuat kucing himalaya tampak keren, sangat disarankan untuk menyisir dan menyikat bulunya setiap hari, karena memiliki bulu yang tebal dan mudah kusut.

Berat Kucing Himalaya

Himalaya jantan dewasa umumnya berbobot 9 hingga 14 pound sementara betina lebih kecil hanya 7 hingga 11 pound.

Kucing Himalaya memiliki tubuh sedang hingga besar, karena bulunya yang panjang membuat mereka tampak lebih besar.

Usia rata-rata Kucing Himalaya

Banyak sumber mengklaim bahwa kucing Himalaya memiliki harapan hidup 15 tahun atau lebih. Meskipun tidak ada banyak bukti untuk mendukung klaim ini.

Studi ksus tentang umur kucing yang dilakukan di Inggris  menemukan bahwa kucing Persia memiliki umur rata-rata 14 tahun.

Perbedaan Kepribadian Himalaya Jantan dan Betina


1. Himalaya jantan

Biasanya lebih besar dari wanita, Hdan lebih mudah bergaul. Mereka membutuhkan waktu lebih sedikit untuk melakukan pemanasan pada pemiliknya.

Namun, pejantan yang tidak berubah cenderung menandai wilayah mereka dengan menyemprotkannya. Semprotan kucing memiliki bau yang sangat kuat dan tidak menyenangkan, jadi pertimbangkan untuk mensterilkan Himalaya Anda atau mengadopsi yang telah disterilkan untuk mengekang perilaku ini.

2. Himalaya betina

Kucing betina cenderung lebih tertutup daripada jantan dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menghangatkan pemiliknya dan anggota keluarga lainnya.

Mereka mungkin sedikit kurang menyenangkan dan agak pemalu, tetapi mereka mempertahankan manisnya kucing khas Himalaya.

Sebelum mengadopsi betina, pertimbangkan memandikannya untuk menghindari kehamilan yang tidak diinginkan dan kesulitan merawat kucing dalam keadaan panas.

Kucing betina meraung dan menjadi lebih agresif saat mereka menjadi panas. Beberapa kucing betina juga menyemprot untuk menandai wilayah, tetapi lebih mungkin terjadi ketika mereka sedang panas.

Makanan


Makanan apa pun yang Anda berikan kepada kucing Persia Himalaya, Anda harus memenuhi nutrisi. Nutrisi yang mereka butuhkan dibagi menjadi 3 poin, 45% protein, 20% karbohidrat dan 35% lemak.

Untuk mereka yang berumur 6 – 8 bulan kamu dapat memberikan mereka makanan 3 hari sekali dengan takaran 30 gram persajian.

Harga Kucing Persia Himalaya

Jenis KucingUmurHarga
Anak Kucing Himalaya3 BulanRp 300.000 – Rp 2.000.000
Kucing Persia Himalaya Indukan1 TahunRp 1.000.000
Kucing Persia Himalaya Asli3 BulanRp 1.500.000 – Rp 3.000.000
Kucing Himalaya Bulu Pendek (Shorthair)3 BulanRp 450.000 – Rp 1.00.000

Kualitas Himalaya akan menentukan harga yang ditawarkan oleh penjual, misalnya, harga Persia asli dengan kualitas ras atau kualitas superior pasti akan lebih mahal daripada harga asli Himalaya standar.

Tips Memilih Kucing Himalaya


Jika Anda tertarik dan ingin memiliki kucing Persia Himalaya, Anda bisa mendapatkannya di toko hewan peliharaan terdekat dengan rumah Anda, biasanya untuk spesies kucing Himalaya. Persia akan dijual seharga 1 juta, hingga 3 juta.

Sebelum membeli, pastikan Anda tahu bagaimana memilihnya dengan benar. Berikut adalah beberapa tips untuk memilih kucing Himalaya.

  1. Jika Anda ingin membeli kucing Persia dari Himalaya, belilah kucing Himalaya di toko hewan peliharaan yang benar-benar legal! Sehingga hewan tersebut diawasi dan dirawat dengan baik oleh penjual.
  2. Pastikan Anda telah bertanya tentang formulir kesehatan kucing Himalaya, dalam bentuk surat vaksinasi kepada pemilik kucing sebelumnya atau di toko hewan peliharaan.
  3. Anda harus tahu harga pasar masing-masing jenis kucing.
  4. Tanyakan kepada pemilik sebelumnya atau toko hewan peliharaan apa makanan yang cocok untuk kucing.
  5. Buat bukti pembelian dan bukti tertulis sehingga tidak ada unsur penipuan yang dilakukan oleh penjual. Untuk menjamin kesehatan kucing.

Orang yang memiliki jenis kucing persia himalaya cenderung memiliki sifat pengasih dan penyayang, dan kucing himalaya sering menjadi sangat terikat dengan anggota keluarga Anda.

BACA JUGA:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel