8 Cara Merawat Kucing Persia Untuk Semua Jenis dan Usia

Bagaimana cara merawat kucing persia? mengurus serta menjaga kebersihan dan kesehatan kucing persia sangat penting apalagi yang masih anak-anak, karena karakteristik kucing persia memang membutuhkan perawatan sehari-hari.

Semua jenis kucing Persia terkenal dengan penampilannya yang lucu dan anggun, memiliki bulu yang lembut dan indah serta memiliki kepribadian yang tenang dan penuh kasih sayang. Perawatan kucing persia ini meliputi; perawatan bulu, mata, telinga dan cakar dan tips memandikan kucing persia.

Cara Merawat Kucing Persia

1. Merawat Bulu Kucing Persia

Kucing persia memiliki bulu yang lebat dan panjang, untuk merawatnya kita memerlukan sisir, sikat dan gunting.

a. Menyisir

Menyisir bulu kucing terlihat mudah namun sebetulnya cukup rumit, karena jika salah akan mengakibatkan bulu kucing banyak yang rontok.
  • Saat menyisir sebaiknya dilakukan searah sesuai pertumbuhan bulu, dimulai dari bagian kepala, leher, tubuh, dan bagian paling akhir ekor.
  • Setelah menyisir semua bagian, selanjutnya sikat pada semua bagian untuk membersihkan bulu-bulu yang sudah mati.
  • Jika tidak disikat akan berbahaya. Seperti yang Anda ketahui, kucing menjilat diri agar tetap bersih. Kucing persia dapat menelan beberapa rambut mati yang belum dihilangkan melalui penyikatan.
b. Mencukur
  • Bulu yang tidak rapih harus digunting. Hati-hati saat memotong bulu disekitar bagian telapak kaki dan disekitar telinga, agar tidak melukai bagian tubuh kucing. 
  • Jika bulu kucing persia tidak dirawat dengan baik, bisa menjadi sarang kutu.
c. Memandikan
  • Selain menyikat gigi setiap hari, aspek lain dari merawat kucing Persia adalah memandikan kucing persia setiap 1 kali seminggu dengan sampo khusus untuk kucing.  Namun tergantung kebiasaan kucing juga, jika aktif sering kena kotoran sebaiknya 2 kali seminggu.
  • Hal ini di lakukan untuk menjaga keseimbangan PH kulit kucing agar tetap sehat.

2. Merawat Mata Kucing Persia

Saat membersihkan mata kucing, lakukan dengan hati-hati agar tidak mengenai mata bagian dalam. Bahan yang di butuhkahn adalah tisu dan kapas yang di celupkan ke dalam air.

Caranya:
  • Bersihkan dengan kapas atau tisu yang sudah dibasahi dibagian sudut mata, tepat di bawah saluran air mata.
  • Usap dengan lembut lalu keringkan dengan kapas atau tisu kering.
  • Ganti tisu saat pindah kebagian mata yang lain, untuk menghindari kotoran dari satu mata ke yang lain. 
  • Masalah pada sekitar mata ini sering terjadi pada kucing persia peaknose, pada kucing persia medium ataupun himalaya jarang terjadi.

3. Merawat Telinga Kucing Persia

Kucing Persia menghasilkan lebih banyak kotoran ditelinga. Bersihkan teling setiap minggu untuk mencegah tungau, jamur atau infeksi bakteri.

Caranya:
  • Celupkan tisu kedalam air, bersihkan semua permukaan luar di bagian dalam telinga.
  • Gunakan kapas untuk membersihkan alur telinga, tetapi jangan pernah memasukkan kain ke dalam liang telinga.

4. Merawat Kuku Kucing Persia

Anda harus memangkas kuku kucing Persia Anda setiap 2 minggu. Kami merekomendasikan memotong kuku kucing sebelum memandikannya.

Cara merawat kucing persia ini bisa diaplikasikan ke semua jenis kucing persia seperti persia medium, himalaya, peaknose dan persia flatnose.

5. Jangan Overfeeding

Jangan terlalu Overfeeding atau melolohkan makanan pada kucing persia, karena kondisi perutnya lumayan sensitif sehingga dapat mengganggu kesehatan.

6. Bersihkan Lubang Hidung

Pada kucing persia jenis peaknose sering terganggu pada sistem pernafasan. Saat membersihkan hidung gunakan tisu atau cutton bud agar tidak terkena infeksi sinus atau virus influenza.

7. Perhatikan Tempat Bermain kucing

Tempat terbaik dan cocok untuk kucing persia adalah di dalam ruangan dan tidak cocok berlama-lama diluar rumah.
  • Udara yang lembab dan dingin dapat mengakibatkan bulu jucing menjadi lembek.
  • Tempat dan ruangan yang kering seperti didalam rumah lebih cocok untuk kucing persia.

8. Asupan Makanan Untuk Kucing Persia

Beras dan Jagung kadangkala bermanfaat bagi kucing sebagai penambah energi, namun sayangnya sebagian kucing persia tidak begitu menyukainya.

Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan untuk kucing persia


Daging: Daging merupaka salah satu makanan favorit, nafsu makan mereka meningkat jika diberi daging dan cenderung lebih aktif.

Yang disukai oleh kucing persia diantaranya daging kelinci, daging ayam maupun irisan daging sapi. Iris daging menjadi bagian kecil agar mudah dikonsumsi, terlabih lagi jika kucingnya masih anak-anak.

Keju: keju menjadi salah satu jenis makanan yang disukai oleh kucing persia. Keju juga mengandung protein dan beberapa vitamin seperti vitamin B2.

Ikan: Pada ikan terdapat kandungan protein dan asam amino, sangat baik untuk oertumbuhan kucing persia.

Namun jangan memberi makan ikan terlalu sering karena justru membuat vitamin E yang dibutuhkan tidak terpenuhi. Berikan setidaknya 2 kali dalam seminggu agar keseimbangan gizi ada kucing persia terjaga.

Tips Merawat Anak Kucing Persia Umur 1-3 Bulan

  • Jika kucing Kamu memiliki anak, merawat kesehatan dan kebersihan induk kucing sangat penting apalagi anak kucing persia baru berusia 2 bulan.
  • Karena anak kucing persia umur 1-3 bulan masih menyusui kepada induknya.Jika Induk terkena penyakit, maka bisa menular ke sang anak.
  • Perhatikan juga asupan vitamin dan makanan untuk anak kucing persia. Jangan samakan dengan induknya karena bisa saja beda kategorinya. 
Merawat kucing persia sangat penting untuk menjaga kecantikan mereka, tetapi yang terpenting memelihara kesehatan dan keindahan bulu mereka.

Referensi:
1. https://www.harlingenveterinaryclinic.com/services/cats/breeds/persian
2. http://cfa.org/Breeds/BreedsKthruR/Persian.aspx
3. https://www.gccfcats.org/Cat-Breeds/Persian

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel