Ciri dan Sifat Kucing Persia

Kucing persia memiliki ciri khas berhidung pesek dan bertubuh gemuk. Ciri kucing persia lainnya yaitu memiliki bulu yang panjang dan indah sehingga digemari banyak orang, selain itu kucing persia juga memiliki sifat yang manja.

Oleh karena itu, jika kamu membedakan kucing persia dengan jenis lain cenderung mudah, secara umum terlihat dari bulu, wajah, hidung, bentuk kepala dan postur tubuh.

ciri kucing persia
Gambar via: petshealthfuture.com

Ciri Fisik Kucing Persia

Berikut dibawah ini adalah ciri-ciri bentuk fisik kcing persia asli, meliputi: bulu, mata, hidung, telinga, kepala, kaki, ekor dan tubuhnya.

1. Bulu

Kucing persia secara umum termasuk type longhair, bulu panjang inilah yang membedakan kucing persia dengan jenis lain.

Tekstur bulu kucing persia ini lembut dan halus seperti sutra, berkuilau dan mengembang menutupi seluruh badan kecuali bagian wajah.

2. Mata

Matanya bulat dan besar serta terbuka lebar dan memiliki warna yang cerah serta tajam. Secara umum, warna bola mata kucing persia ini sesuai dengan warna bulunya.

Jika bola mata berwarna hijau, biasanya ada pada kucing persia berbulu chinchila, perak, dan keemasan. Warna mata biru ada pada kucing colorpoint.

3. Hidung

Kucing persia dikenal memiliki hidung pesek berukuran kecil dan melebar dan mendongak keatas, diantara kedua mata kucing terlihat tampak ada belahan.

4. Telinga

Telinganya berukuran kecil dan pada bagian ujungnya bulat dan melengkung menghadap kebawah, jaraknya relatif jauh.

5. Kepala

Bentuk kepalanya besar dan padat serta melengkung seperti kubah. Struktur tengkoraknya kokoh dan memiliki dahi bulat. Lehernya tebal dan pendek namun memiliki rahang yang besar.

6. Kaki

Kaki kucing persia berukuran pendek, bulat dan tegap. Tulang kaki relatif kuat dan memiliki otot yang bagus.

7. Ekor

Ciri kucing persia pada bagian ekor berukuran pendek dan lurus namun tebal. Pangkal ekor cenderung tidak kaku.

8. Badan

Memiliki bentuk tubuh bulat dan menggumpal. Dada nya lebar dan dalam dan punggungnya rata. Bahu dan pinggulnya memiliki lebar yang sama. Perutnya berukuran kecil dan berotot keras.

Catatan: Diatas merupakan tanda dan ciri khas kucing persia asli. Kucing persia hasil persilangan dengan ras kucing lainnya biasanya beberapa ciri-cirinya hilang.

Sifat Kucing Persia

Karakter sifat kucing persia ini cenderung pendiam dan suka duduk, pendiam dan tidak rewel. Suka bermain namun tidak terlalu aktif.

Suara kucing persia termasuk halus, penampilannya terlihat anggun dan tidak galak. Kucing persia juga cocok sebagai teman bermain dengan anak-anak.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel