6 Jenis Kucing Persia dan Ciri-cirinya Yang Paling Banyak Orang Indonesia Suka

Kucing persia adalah ras kucing yang sangat tua ini berasal dari Persia. Di Indonesia ada enam jenis kucing persia yang paling di gemari, yaitu persia medium, persia himalaya, persia peaknose, persia flatnose, persia smoke, dan kucing persia exotic shorthair.

Ciri fisik yang umum pada kucing persia adalah di hidung peseknya dan bulu nya, mereka suka dimanja dan membutuhkan perhatian lebih serta harus dirawat dengan hati-hati dan dimandikan untuk menjaga kesehatan dan keindahannya.



Jenis-Jenis Kucing Persia Yang Ada Di Indonesia Dan Ciri-cirinya

Kucing persia memiliki ciri khas yang lucu dan menggemaskan, tidak sedikit yang bilang bahwa kucing persia mirip boneka.

Setiap jenis Kucing persia memiliki tampilan dan karakteristik yang berbeda, berikut adalah jenis kucing persia yang ada di Indonesia:

1. Kucing Persia Medium

Jenis kucing persia medium atau modern dan memiliki bulu pendek / short hair dan ada pula yang long hair, hidungnya tidak terlalu pesek dan memiliki ukuran tubuh yang standar seperti kucing lainnya.

Kenapa hidung Persia medium mancung tidak seperti jenis lainyya? karena merupakan hasil perkawinan silang antara kucing persia dengan kucing lokal berhidung mancung.

2. Kucing Persia Himalaya

Kucing persia himalaya cenderung gampang dikenali dibanding jenis yang lain, kucing ini merupakan perpaduan dari kucing persia dan kucing siam.

Ciri khas persia himalaya yaitu warna hitam cuma di telinga, hidung, ekor dan ujung-ujung kaki dan selain itu warnanya putih. Warna himalaya lebih cenderung mengikuti kucing siam.

Himalaya  bertubuh gemuk namun berkaki pendek, wajahnya bulat seperti halnya kucing persia lainnya.

3. Kucing Persia Peaknose (hidung pesek)

Kucing Persia peaknose atau hidung pesek adalah salah satu jenis kucing persia yang paling banyak disukai. Kucing ini merupakan kucing persia dengan hidung yang sangat pesek, bahkan semakin pesek hidungnya semakin mahal pula harganya.

Memiliki bentuk tubuh yang jauh lebih gemuk dibandingkan jenis persia lainnya dan paling sering diikutkan kontes kucing.

4. Kucing Persia Flatnose (hidung datar)

Kucing persia flatnose memiliki ukuran tubuh yang agak gemuk dan bentuk wajahnya bulat dan pipinya gembul.

Bagi sebagian orang memang masih cukup susah membedakan antara kucing persia flatnose dan persia peaknose, karena mereka hampir mirip.

5. Kucing Persia Smoke

Kucing persia smoke memiliki warna yang solid. Namun, warna smoke atau asap akan terlihat saat tertiup angin atau saat kucing bergerak. Ada warna biru, hitam, krem atau merah dan sisanya berwarna smoke.

Ras persia ini secara fisik sangat mirip dengan ras persia tradisional yang membedakannya terletak pada bulu dan warna matanya.

6. Kucing Persia Exotic Shorthair

Kucing persia exotic shorthair merupakan hasil perkawinan kucing persia dengan kucing lokal. Sesuai namanya, jenis kucing persia ini memiliki bulu pendek khas kucing lokal. Selain itu, ciri khas kucing wajahnya terkesan galak dan hidungnya pesek dengan kumis panjang namun jarang.

Perawatan dan Kesehatan Kucing Persia

Semua jenis kucing persia pasti memiliki masalah kesehatan dan perawatannya, masalah yang sering timbul adalah ada pada bagian bulu.

Bulu kucing persia harus di sikat dan dibersihkan setiap hari agar tetap berkilau dan terhindar dari kutu dan jamur, apalagi yang memiliki bulu panjang.

Terkait struktur wajah kucing persia, ada beberapa masalah kesehatan yang harus kamu ketahui yaitu:
  • Kesulitan bernapas yang disebabkan oleh lubang hidung menyempit.
  • Maloklusi gigi, artinya gigi tidak menyatu dengan baik.
  • Seborrhea oleosa, kondisi kulit yang menyebabkan gatal, kemerahan dan kerontokan rambut.
  • Air mata berlebih.
  • Sensitif terhadap panas.
  • Penyakit ginjal polikistik
  • Infeksi jamur.
Jika Anda dapat memelihara kucing persia dengan baik maka bisa hidup sampai 15 tahun. Namun ada beberapa yang bisa hidup hampir 20 tahun.

Jenis Kucing Persia Termahal Di Indonesia

Dari ke-6 jenis kucing persia diatas, harga yang paling mahal adalah kucing persia jenis peaknose, kemungkinan karena banyak peminatnya.

Harga kucing persia peaknose bisa mencapai angka 3.5 juta, dan itu kucing yang baru berusia 3 bulan, selain itu akan semakin mahal juga jika sering menang di berbagai kontes kucing.

BACA JUGA:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel