Jenis Warna Bulu Kucing Persia

Warna bulu kucing persia menjadi salah satu daya tarik bagi pecinta kucing. Kucing persia memiliki berbagai macam corak bulu dari hasil persilangan sekitar 200 warna.

Namun, hanya beberapa variasi corak warna saja yang menjadi primadona dan banyak dicari diantaranya yaitu; chinchilia, chinchilia silver, black smoke, sell cameo, shaded cameo dan red atau crem smoke.

Tipe Corak Warna Bulu Kucing Persia

Corak bulu atau dikenal dengan sebutan Tipping. Tipping adalah modifikasi tipe corak bulu yang memiliki warna tertentu pada ujung bulu kucing persia. Berikut diantaranya;

1. Tipped

Tipped yaitu, warna terang yang berwarna hitam atau gelap yang ada di ujung bulu-bulu kucing persia, memiliki panjang sekitar 1/8 dari panjang bulu.

2. Shaded

Istilah shaded merupakan warna terang pada kucing persia hitam yang memiliki panjang sekitar 1/2 panjang bulu.

3. Smoke

Smoke adalah tipping yang berwarna kuat, karena warna gelap hampir di seluruh bulu, hingga warna putihnya hampir tertutupi semua.[1]

Variasi Warna Bulu Kucing Persia

1. Solid Color (Satu Warna)

warna putih kucing persia

Variasi warna solid color adalah kucing persia memiliki warna bulu yang sama dari akar hingga pangkal ujung bulu. Warnanya meliputi, warna merah, biru, krem, putih dan hitam.

2. Bicolor (Dua Warna)

Jenis Warna Bulu Kucing Persia
Sumber gambar: www.cfa.org
Kucing persia memiliki dua warna, yaitu campuran antara warna putih dan warna lain seperti hitam, merah, krem atau biru.

Bicolor ini dibagi menjadi 3 yaitu:
  • Bicolor murni: Memiliki warna yang seimbang, misalnya antara warna gelap dengan warna putihnya.
  • Harlequin: Warna putih lebih dominan dari warna lainnya.
  • Van: Warna gelap yang hanya terdapat pada bagian ekor dan kepalanya saja.

3. Tricolor

Sumber gambar: www.cfa.org

Tricolor artinya memiliki tiga warna yang bercampur. Tricolor ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu tricolor murni dan dilute.

Kalau tricolor murni warna merah, putih dan hitam lebih dominan. Sedangkan dilute wrana krem, putih, hitam atau biru.

4. Tortoiseshell


Tortoiseshell adalah, kucing persia yang memiliki tiga warna yang batas warnanya bercampur aduk dan tidak jelas, biasanya ada pada kucing persia betina.

Tortoiseshell terdiri dari, Choholate Tortoiseshell, lilac cream, shell Tortoiseshell, shaded Tortoiseshell dan smoke Tortoiseshell.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel