Peyebab dan Perawatan Bulu Kucing Rontok

Bulu rontok hingga botak pada bagian kepala kucing atau atau alopecia adalah masalah umum yang biasa terjadi dan polanya bisa bervariasi atau simetris.

Bulu kucing botak bisa sebagian atau penuh, hal itu terjadi karena berbagai penyebab, bisa alergi kulit atau faktor keturunan.

cara mengatasi bulu kucing rontok

Kenapa Bulu Kucing Rontok?

Penyebab kerontokan rambut kucing bisa disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari alergi kulit, gangguan saraf atau hormon. Berikut dibawah ini 6 Penyebab Bulu Kucing Rontok.

1. Hormon

Kebotakan pada kucing bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, khususnya terlalu banyak tiroid atau peningkatan kadar steroid dalam tubuh, karena hormon ini bertanggung jawab untuk pertumbuhan bulu.

Mungkin Anda pernah melihat kucing hamil atau setelah melahirkan dan menyusui mengalami kerontokan pada bulu?

... itu karena perubahan hormon, tetapi Anda jangan khawatir karena bulu akan tumbuh kembali dari waktu ke waktu.

2. Alergi Pada Kulit

Jika kucing Anda mengalami alergi kulit karena parasit atau jamur, itu adalah salah satu penyebab kerontokan bulu.

hewan parasit inilah yang menyebabkan kudis, dan masalah jamur seperti kurap, juga merupakan penyebab umum bulu kucing rontok.

3. Genetik

Faktor lain yang jarang terjadi adalah faktor keturunan . Kucing alopecia umum terjadi pada kucing yang lebih tua yang didiagnosis menderita beberapa jenis kanker.

4. Parasit

Kutu atau tungau pada kucing dapat membuatnya menggaruk dan menjilat, juga, menyebabkan bintik-bintik botak dan bahkan luka dan mengakibatkan kerontokan. Namun perawatannya cenderung cepat dan mudah disembuhkan.

5. Stress

Ketika kucing stres maka dia bisa kehilangan bulu, kerontokan ini biasanya terjadi di area perut, sisi badan, dan kaki, karena ia sering menggaruk dan menjilat badannya, sehingga dapat memicu kerontokan bulu.

6. Penyebab Langka

Jenis kucing memiliki genetik yang menyebabkan bulunya menjadi rontok, seperti pada kucing himalaya.

Berbeda dengan jenis sphynx, sangat jarang terjadi jika kebotakan bulu disebabkan oleh faktor genetik...

...namun kerontokan bulu kucing jenis ini bisa menjadi gejala adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh, diabetes, tiroid atau kanker.

Perawatan Untuk Bulu Kucing Yang Rontok

Mengobati kerontokan pada bulu kucing tergantung pada penyebab di balik kerontokan kucing Anda.

Setelah dokter hewan melakukan pemeriksaan, maka mereka akan bisa memberi rekomendasi obat untuk perawatan anti-jamur jika mereka menemukan parasit atau kurap. 
  • Jika bulu kucing rontok disebabkan oleh gangguan kulit, ketidakseimbangan tiroid atau ketidakseimbangan hormon lainnya, ada obat - obatan kucing dan perawatan topikal yang tersedia.
  • Jika dicurigai perawatan berlebihan terkait stres, dokter hewan Anda mungkin merujuk Anda ke ahli perilaku dan membantu mengidentifikasi penyebab stres dan kerontokan.
  • Memandikan kucing dengan rutin juga bisa mengatasi masalah ini, karena mandi dan menjaga kebersihan dapat membasmi parasit, tungau, jamur pada kucing atau bakteri yang bisa mempengaruhi kesehatan bulu kucing.

Pencegahan

Pencegahan dilakukan untuk mencegah infestasi parasit yang dapat menyebabkan rambut rontok.

Berikan mainan kucing dan waktu bermain bagi kucing Anda untuk membuatnya tetap terstimulasi secara mental dan untuk menghindari kerontokan rambut dari gangguan saraf.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel