Kutu Pada Kucing - Gejala, Penyebab dan Cara Perawatan

Kutu merupakan salah satu hewan parasit yang hidup di kulit kucing. Kutu seringkali terdapat pada kucing tua dan berambut panjang yang sudah tidak terawat.

Selain itu, kutu juga sering ditemukan pada kucing yang hidup dalam kondisi tanpa sanitasi yang layak. Jenis kutu pada kucing hanya satu yaitu Felicola subrostrata.

Kutu Pada Kucing


Gejala Kucing Terkena Kutu

Gejala yang terlihat pada kucing yang terinfeksi meliputi:
  • Kutu dapat menyebabkan gatal, sehingga kucing yang terinfeksi menggaruknya tanpa henti sampai kehilangan rambut. 
  • Bulu kucing terlihat kusut dan berantakan hingga rontok, aling sering di sekitar telinga, leher, bahu, pangkal paha , dan daerah dubur. [1]

Penyebab Kutu Kucing

Penyebab kucing tertular kutu bisa melalui kontak langsung dari satu kucing ke kucing lainnya atau melalui kontak dengan benda-benda yang terkontaminasi, seperti peralatan perawatan kucing atau tempat tidur.

Apakah Kutu Kucing dapat menular ke Manusia?
Kutu merupakan spesies-spesifik. Jadi.. kutu kucing hanya bisa menular ke kucing, Anda tidak perlu khawatir karena spesies kutu yang hidup pada anjing dan kucing tidak dapat hidup pada manusia.

Perawatan untuk Menghilangkan Kutu Kucing

  • Untuk mencegah infeksi ulang, buang atau cuci semua alas tidur kucing Anda.
  • Bersihkan secara menyeluruh semua tempat yang pernah dugunakan kucing Anda.
  • Gunakan shampo khusus kucing.
  • Gunakan sisir bergigi halus untuk mengusir telur kutu.
  • Jangan pernah menggunakan produk yang dijual bebas untuk kucing Anda tanpa berkonsultasi dengan dokter hewan. Banyak dari mereka beracun bagi kucing.
  • Jika kucing Anda sangat kusut atau memiliki rambut panjang, dokter hewan Anda mungkin menyarankan Anda memotong bulunya untuk memudahkan perawatan.
  • Selain membunuh kutu pada kucing Anda, Anda juga ingin memastikan bahwa kutu tidak menginfeksi tempat tidur, kerah, alat perawatan kucing Anda. [2]

Melakukan pembersihan secara rutin dapat membantu kucing peliharaan Anda terhindar dari iritasi yang disebabkan kutu.

Desinfektan semua peralatan perawatan dan sering digunakan kucing Anda, seperti kotak pasir dan kandang, dan semua perabotan, permadani, karpet, dan lantai keras.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel