Siklus dan Tahapan Birahi Pada Kucing Persia Betina

Masa siklus birahi pada kucing persia betina biasanya dimulai saat umur kucing  7 – 10 bulan sedangkan pada kucing jenis siamese dan kucing  domestik pada umur 5 bulan.

Siklus birahi pada kucing betina akan dimulai ketika hormon seksualnya sudah di produksi dan akan mengalami beberapa tahapan.


Tahapan Masa Birahi Kucing Betina

Siklus esterus atau masa birahi kucing betina terjadi dalam beberapa tahapan, diantaranya yaitu:

1. Anestrus

Pada tahap ini, biasanya terjadi pada awal musim hujan, kucing jantan tidak tertarik pada masa ini, namun pada kucing betina sebaliknya.

2. Proestrus

Tahap ini berlangsung selama 2 hari pada sebagian induk kucing, namun tidak begitu kentara.

Prilaku kucing betina pada masa ini biasanya dengan cara memanggil kucing jantan dan menggosokan badannya ke lantani dan berguling-guling.

3. Estrus


Estrus bisa dibilang heat atau  puncak birahi pada kucing atau periode dimana kucing sudah bisa  dikawinkan.

Pada tahap ini biasanya kucing betina akan membiarkan  pejantan untuk mengawininya, setelah selesai kucing betina akan berguling-guling dan tidak mengizinkan siapapun untuk mendekat selama beberapa saat.

Estrus berlangsung selama 3 – 8 hari,  apabila kucing di kawinkan dan terjadi pembuahan periode estrus akan  berhenti seketika.

4. Interestrus

Tahap ini terjadi jika kucing betina tidak dikawin oleh pejantan, setelah tahap ini selesai maka betina akan kembali ke siklus proestrus lalu ke estrus lagi, berulang hingga 7 hari.

5. Metestrus

Tahapan ini terjadi jika gagal terjadinya perkawinan pada kucing persia, berlangsung selama hingga 7 minggu lamanya.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel