Ciri-Ciri Kucing Persia Hamil, Kenali Perubahan Fisik dan Prilaku

Masa kehamilan kucing terjadi sekitar 9 minggu. Ciri kucing hamil akan mulai menunjukan perubahan fisik dan kepribadian dan akan menjadi lebih jelas sekitar tiga minggu setelah pembiakan.

Penting bagi Anda untuk mengetahui perubahan dan tanda kucing persia yang sedang hamil. hal itu dapat membantu Anda untuk menentukan apakah kucing benar-benar hamil atau tidak.

Ciri kucing persia hamil
via: Kittentoob.com

Perubahan Fisik pada Kucing Persia Yang Hamil

  • Siklus Panas Berhenti: Siklus panas merupakan tanda pertama yang mudah dikenali. Jika sudah melalui  siklus panas setiap 10 hari sampai dua minggu, dan tiba-tiba panas berhenti, kemungkinan kucing Anda sedang hamil.
  • Nafsu Makan Meningkat: Saat sedang hamil, biasanya nafsu makan meningkat, karena kucing persia yang hamil tidak hanya makan untuk dirinya sendiri, tetapi untuk janinnya juga.
  • Berat Badan Meningkat: Sebagian besar induk kucing persia yang hamil akan bertambah berat badannya sekitar dua sampai empat pon selama kehamilan.
  • Perut Membesar: Sekitar minggu kelima kehamilan, perut kucing yang hamil akan mulai terlihat membesar, dan akan terus membesar sampai saatnya melahirkan.
  • Mengalami Muntah: Kucing akan megalami muntah yang cukup sering, sama seperti manusia. Namun jika terlalu sering dan berlebihan sebaiknya hubungi dokter hewan.

Perubahan Prilaku

  • Lebih Manja: Kucing persia Anda akan lebih manja dan butuh perhatian lebih.
  • Tidur Lebih Banyak: Banyak induk kucing persia yang hamil akan tidur lebih lama dalam sehari daripada sebelumnya.
  • Mencari Tempat Tenang: Suka mencari tempat yang nyaman  bukanlah tanda awal kehamilan, tetapi sebagai waktu untuk proses berlangsungnya kelahiran. [1]

Diagnosa Klinis Kehamilan Kucing Persia

Ada baiknya bagi dokter hewan untuk memeriksa kucing Anda dan memastikan kehamilan dan agar kondisinya terjaga dengan baik.

  • Palpasi Perut Kucing: Cara ini hanya dapat dilakukan oleh dokter hewan, dengan meraba dan menekan perutnya dengan lembut untuk bisa merasakan janin kucing yang hamil.
  • Ultrasound: USG dapat mendeteksi janin sedini mungkin, dan detak jantung dapat dideteksi beberapa saat setelah minggu ketiga.
  • Radiografi (sinar-X): Dokter hewan akan menggunakan radiografi pada perut kucing saat hamil untuk menentukan jumlah anak kucing. Tulang Kitten dan tengkorak mulai terlihat pada x-ray setelah sekitar 42 hari kehamilan. [2]

Itulah beberapa tanda dan ciri kucing persia yang sedang hamil. Sebaiknya jagalah agar induk kucing tetap berada di dalam ruangan selama beberapa minggu terakhir kehamilan agar tetap aman dan sehat.

Baca Juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel